About Ilmu Berbagi Foundation (IBF)

Sejarah

Berawal dari semangat untuk berbagi yang dimiliki, Ardiansyah atau yang akrab disapa ardisragen menginisasi gerakan ini pada tanggal 7 Oktober 2011 melalui blog pribadi maupun kicauannya di sosial media dengan tagar #ilmuberbagi atau tagline “ilmu itu ada, ya untuk berbagi”. Maksud dari #ilmuberbagi adalah untuk mengajak kita semua mengoptimalkan ilmu yang dimiliki untuk berbagi secara berkelanjutan hingga berbuah amal yang bermanfaat bagi kebaikan dan kemaslahatan orang banyak

Organisasi

Ilmu Berbagi adalah organisasi non-profit berbasis komunitas dengan program berbagi dan pelayanan berkelanjutan di bidang sosial pendidikan dan peradaban masyarakat Indonesia. Terdapat 4 pilar komitmen dasar Komunitas Ilmu Berbagi yakni berbagi untuk pengembangan “Karakter, Pengetahuan, Keahlian, dan Kemandirian“ yang dijabarkan lebih lanjut dalam visi, misi, dan target capaian organisasi.

Legalitas

Pada tahun 2014, seluruh sobat Komunitas Ilmu Berbagi sepakat untuk memiliki sebuah organisasi legal untuk memperkuat program berbagi dan pelayanan berkelanjutan Komunitas Ilmu Berbagi di bidang sosial pendidikan. Setelah melalui berbagai proses, maka sejak 12 Maret 2014, Ilmu Berbagi Foundation resmi terbentuk menjadi wadah organisasi non-profit Komunitas Ilmu Berbagi berdasarkan akta notaris.

Open Recruitment

#ilmuberbagi mengajak volunteer dari berbagai bidang dan kalangan untuk ikut serta menjadi volunteer dan berbagi mulai dari yang dimiliki baik berupa ilmu, uang, tenaga atau pun waktu luang.

Layanan

  • Rumah Komunitas IBF
  • Quote Berbagi
  • Market Ilmu Berbagi
  • Jurnal Ilmu Berbagi
  • Direktori Sobat Komunitas
  • Portal Mitra Komunitas (layanan baru)

Contact

Jogja: Pulung: +62 858-6802-0030
Jakarta: Andini: +62 857-1134-2411
E-mail: info@ilmuberbagi.id
Website: http://ilmuberbagi.id
Twitter: @ilmuberbagi
Facebook: fb.com/ilmuberbagi