04/07/2017 06:37 - Authored By: Admin IBF

Beastudi Etos – Dompet Dhuafa membekali para Etoser menjadi seorang yang cerdas secara intelektual, spiritual dan lebih juga memiliki kepekaan sosial.

Nampaknya, nilai inilah yang terus menempel dalam diri seorang Ardiansyah, alumni Etos Jakarta angkatan 2006, sejak bulan Oktober 2011 aktif sebagai founder Ilmu Berbagi. Sebagaimana dikutip dari web resminya, Ilmu Berbagi adalah organisasi non-profit berbasis komunitas dengan program berbagi dan pelayanan berkelanjutan di bidang sosial pendidikan dan peradaban masyarakat Indonesia. Terdapat 4 pilar komitmen dasar Komunitas Ilmu Berbagi yakni berbagi untuk pengembangan “Karakter, Pengetahuan, Keahlian, dan Kemandirian“ yang dijabarkan lebih lanjut dalam visi, misi, dan target capaian organisasi.

Untuk mewujudkan visi, misi dan target yang mereka miliki, Ilmu Berbagi menyeleggarakan berbagai program seperti program Beastudi Ilmu Berbagi, Pelatihan Gratis, Sekolah Binaan, 1 Donatur 1 Anak Asuh, Ilmu Berbagi Goes to School dan Pengembangan Taman Baca dilengkapi dengan kegiatan pendukung seperti Ilmu Berbagi Goes To Kampung Inggris, dan Tapak Tilas Ilmu Berbagi, serta berbagai aktivitas lainnya yang bekerjasama dengan berbagai “social partner“. Selain memiliki berbagai program kegiatan untuk berbagi secara berkelanjutan di bidang sosial pendidikan, komunitas Ilmu Berbagi saat ini juga memiliki berbagai layanan seperti IB Competence Center, IB Market, IB Jurnal, dan IB Channel yang dikembangkan oleh divisi Pelayanan dan Kerjasama Ilmu Berbagi Foundation.


Kabar bahagianya, beberapa waktu lalu, tepatnya pada bulan Juli 2015, Komunitas Ilmu Berbagi diundang oleh acara Kick Andy.

Kini komunitas ini sudah berkembang hingga ke beberapa negara seperti Korea, Jepang dan juga Hongkong. Ilmu Berbagi pun sudah menjadi sebuah organisasi legal yang resmi terbentuk sebagai wadah organisasi non-profit dengan program-programnya. Antara lain beasiswa kepada siswa-siswi berprestasi, pelatihan gratis disekolah binaan, pengembangan taman bacaan dan masih banyak lagi.

Melalui komunitas ini Ardi yang juga dibantu sang istri, mengajak untuk ikut berbagi, dengan jargonnya “Karena ilmu itu ada, ya untuk berbagi”.

Mudah-mudahan semakin hari semakin banyak alumni Etos yang menebarkan manfaat lebih banyak lagi di berbagai ranah kontribusinya masing-masing. Karena Berbagi tidak harus menunggu kaya, berbagi tidak harus dengan uang, kita juga bisa berbagi dengan ilmu yang kita miliki. 



Donasi

Donasi Tetap, melalui rekening Bank Syariah Mandiri no. 7096887908 a/n Yayasan Ilmu Berbagi

  • Ilmu Berbagi @Rp.200.000/bulan
  • IB Academy Heroes @500.000/bulan

Donasi Kegiatan & Operasional IBF melalui rekening Bank Mandiri no. 157-00-0488950-8 a/n Yayasan Ilmu Berbagi

Donasi Mitra Komunitas IBF